Minggu, 10 Juli 2011

Apa Arti Sebuah FILM?

> Menurut anda, apakah 'arti' dari sebuah film? Apa makna dan
manfaat
> sebuah film?

Aku coba jawab polling ini dari sudut kenapa aku menulis ulasan film:

Aku suka nonton film sejak kecil, namun baru belakangan mencoba-coba
menulis tentang film. Mula-mula tulisan-tulisan ini hanya kupajang
di situs pribadi, lalu kulontarkan melalui sejumlah milis.

Menurutku, film terutama adalah sebuah cerita, bukan khotbah atau
pidato yang instruktif. Film, dengan demikian, membuka ruang untuk
tafsir majemuk dan keleluasaan untuk berdialog. Ia, seperti halnya
karya seni lain, layak digeluti secara intens.

Film-film yang bagus bukan hanya menyajikan cerita yang menarik
dengan teknik yang menawan, namun juga mengandung butir-butir
kebenaran yang kerap tak terduga. Film-film itu tidak menyodorkan
jawaban yang gampangan dan praktis, namun malah menantang dengan
pertanyaan-pertanyaan yang mendorong kita untuk memahami dunia,
sesama, dan akhirnya Sang Pencipta, secara lebih dalam lagi.

Dengan pendekatan seperti itu, aku kurang pe-de untuk menyebut
tulisan-tulisanku sebagai resensi, apalagi kritik. Aku hanyalah
penikmat film yang mencoba merefleksikan lebih jauh kisah yang
terpapar pada layar. Dengan mengulasnya, aku mencoba
membagikan `oleh-oleh' yang kudapatkan dari keasyikan menonton film
tersebut. Syukur-syukur tulisanku bisa menyumbangkan cara pandang
lain atas film bersangkutan, yang kiranya bisa memancing dialog dan
refleksi lebih lanjut. Itulah sebabnya kumpulan ulasan film di
situsku bertajuk "Refleksi Sinema".

Catatan Denmas Marto
http://www.geocities.com/denmasmarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar